Mencegah & mengobati arwana atau arowana yang terserang penyakit

Arwana termasuk ikan yang tidak mudah terserang penyakit karena fisiknya tergolong kuat. Namun agar arwana tetap tampil prima, sebaiknya segala penyakit yang menyerang harus segera diatasi. Tanda-tanda ikan stress antara lain tidak mau makan bila diberi makan, berenang membentur-bentur dinding aquarium, dan menjadi agresif atau pasif. Sedangkan tanda-tanda ikan sakit antara lain berenang dipermukaan air, mulut ikan megap-megap, sungut ikan merenggang, dan berenang tidak seimbang atau miring.

Kondisi yang dapat menyebabkan ikan stress atau sakit, yaitu air aquarium kotor karena kotoran dan sisa makanan yang tidak dibersihkan, pH air di aquarium terlalu tinggi atau rendah, kekurangan oksigen, air terlalu dingin atau panas, kondisi disekitar aquarium terlalu bising.
Tindakan pemulihan dapat dilakukan dengan cara memberikan garam kedalam air aquarium dengan komposisi minimal 200 gram garam untuk 100 liter air, memasukan oksigen murni kedalam aquarium, memberikan obat-obatan untuk ikan dengan jenis dan takaran yang telah ditentukan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Next previous home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...