Persiapan memelihara arwana atau arowana

Yang harus dipersiapkan sebelum memelihara arwana adalah aquarium. Aquarium khusus arwana banyak tersedia di toko-toko perlengkapan ikan hias. Aquarium yang akan dibeli sebaiknya memperhatikan kejernihan dan ketebalan kacanya. Pilih kaca yang bening berwarna kebiruan atau kehijauan.


Sarana pendukung yang harus disediakan diantaranya aquarium liquid fiter yang berfungsi sebagai penyaring kotoran dan mensuplai oksigen kedalam air, lampu ultra violet biolite sebagai penerang dan meningkatkan kilau warna sisik arwana, dan heater sebagai alat pemanas air agar temperatur air tetap dalam kondisi 240-300 C.

Setelah mempersiapkan aquarium barulah kita memilih ikan. Memilih arwana berkualitas perlu memperhatikan beberapa ciri-ciri antara lain gaya renang anggun dan lincah, bentuk tubuh compressed, mulut lebar, serta sungut tegak dan utuh. Selain itu, warna sisik tubuh arwana berkilau, mata tidak buta atau juling, tutup insang tertutup dan rapi, serta bentuk ekor seperti kipas.

Tindakan rutin untuk pemeliharaan ikan adalah memberi pakan sebanyak minimal 3 kali sehari, yaitu jam 08.00, 12.00, dan 20.00. Pada dasarnya pakan terbagi menjadi dua kategori besar, yaitu pakan alami dan pakan buatan. Pakan alami adalah pakan dengan bahan dasar dari alam tanpa dilakukan pengolahan dan tambahan bahan-bahan lain. Sedangkan pakan buatan adalah pakan yang sudah diolah dengan penambahan bahan-bahan pendukung lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Next home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...